Arisa Trew Menyabet Medali Emas Termuda di Olimpiade 2024 Paris, Usia Masih 14 Tahun

Atlet skateboard Australia Arisa Trew beraksi di final nomor taman putri Olimpiade Paris 2024 di La Concorde, Paris, Prancis, Selasa (6/8/2024). (Foto: AFP/Franch Fife)

JAKARTA -- Atlet skateboard Australia berusia 14 tahun, Arisa Trew, menjuarai nomor taman putri Olimpiade Paris 2024 untuk meraih emas termuda di negaranya. Trew, yang juga menjadi peraih medali termuda di Olimpiade Paris 2024, menyelesaikan babak final yang berisiko tinggi dan berkecepatan tinggi untuk melompat ke peringkat teratas.

Medali perak diraih atlet Jepang, Cocona Hiraki. Ia menambah medali perak yang ia raih di Olimpiade Tokyo 2020 ketika skateboard pertama kali diperkenalkan sebagai olahraga Olimpiade.

Hiraki dikalahkan oleh Trew pada putaran ketiga yang spektakuler, sementara Sky Brown dari Inggris yang cedera kembali meraih perunggu setelah finis di urutan ketiga di Olimpiade Tokyo tiga tahun lalu.

"Saya baru saja berpikir pada putaran ketiga saya bahwa saya harus mendaratkannya apa pun yang terjadi karena saya hanya ingin mengamankan diri saya di podium," ujar Trew, yang berada di posisi ketiga sebelum putaran terakhirnya, dilansir dari AFP, Rabu (7/8/2024).

Trew menjadi orang pertama yang mendapatkan 720 dalam kompetisi -- dua rotasi di udara. Ia kemudian mendapatkan 900 -- dua setengah rotasi dalam latihan Mei tahun ini, yang mendapat pujian dari legenda skateboard Tony Hawk.

Siswa sekolah menengah kelahiran Cairns itu sebelum Olimpiade mengatakan, penonton harus menantikan penampilan 540 miliknya di taman Paris yang ia lakukan dengan mudah di babak terakhirnya.

(nnn)

Diberdayakan oleh Blogger.